Selasa, 07 Desember 2010

Bromo, 11

Willy Haryono
Artikel Terkait

* Status Bromo Turun Menjadi Siaga
* Gunung Bromo Kembali Erupsi
* Tim Tanggap Darurat Bahas Penurunan Status Bromo

07/12/2010 08:47
Liputan6.com, Probolinggo: Sejak dinyatakan berstatus Siaga, Taman Nasiona Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, mulai ramai dikunjungi wisatawan. Kendaraan roda dua maupun roda empat kini sudah bisa memasuki kawasan wisata dalam jarak dua kilometer dari kawah Bromo.

Debu vulkanik Bromo masih terlihat membumbung tinggi ke angkasa. Turis lokal maupun mancanegara berdecak kagum dan bergerak dari satu tempat ke tempat lain, berusaha mengabadikan fenomena alam ini dari sudut pandang terbaik, Selasa (7/12).

Sementara itu di lautan pasir Kaldera, beberapa alat transportasi seperti mobil jeep, sepeda motor, bahkan kuda terlihat berlalu lalang. Berdasarkan pantauan Liputan6.com, beberapa orang malah berani mendekati kawah Bromo walau ada peringatan "Dilarang Melintas" di sejumlah titik di patok batas aman di area seluas 5.250 hektare ini.

Status Gunung Bromo turun dari awas menjadi siaga. Status Bromo menjadi siaga sejak Senin (6/12) pukul 12.45 WIB. Jarak aman pun dikurangi dari tiga kilometer menjadi dua kilometer [baca: Status Bromo Turun Menjadi Siaga].(WIL/MEL)

Tidak ada komentar: