Senin, 16 Januari 2012

Sociology

KE: Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan.
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat sebagai keseluruhan, yakni antar hubungan di antara manusia dengan manusia, manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik itu formal maupun material, statis maupun dinamis. Salah satu fungsi sosiologi adalah sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan.
Contoh:
Jumlah kasus kekerasan terhadap anak padat tahun 2011 ini cukup tinggi yaitu 112. Dari 112 kasus kekerasan ini, terdiri dari pemerkosaan, pencabulan, penganiyaan, pembunuhan, penelantaran, dan lain-lain. Dari semua kekerasan ini, yang paling tinggi adalah pemerkosaan yaitu sebanyak 61 kasus. Hal ini mencerminkan perlindungan terhadap hak-hak anak masih jauh dari yang diharapkan.
Sumber:
http://www.radarlampung.co.id/read/bandarlampung/hukum-a-kriminal/44483-kasus-kekerasan-terhadap-anak-tinggi
Komentar:
Menurut saya kasus kekerasan terhadap anak yang sering terjadi disebabkan karena sifat orang tua yang kurang baik (terlalu cepat marah), kondisi ekonomi yang tidak stabil, tingkat pendidikan masih rendah, masalah dengan pasangan hidup, dan lain-lain. Kekerasan terhadap anak dapat mengakibatkankan cacat fisik, trauma berkepanjangan, dan dapat menjadikan korban sebagai pelaku tindak kekerasan ketika mereka telah dewasa nanti.
Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat kekerasan terhadap anak antara lain hak-hak perlindungan anak harus lebih kontrol lebih ketat, misalnya dengan cara memberikan penyeluhan terhadap masyarakat agar setiap anak mendapatkan hak perlindungan mereka dan apabila kita melihat tindak kekerasan terhadap anak, di lingkungan kita agar segera melaporkan kepada yang berwenang. Dan juga bagi pelaku tindak kekerasan kepada anak agar diberikan hukuman seberat-beratnya agar menimbulkan efek jera.
KE: Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat.
Nilai adalah adalah sebuah konsep abstrak dalam diri manusia mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk. Norma sosial adalah kebiasaan umum yang menjadi patokan perilaku dalam suatu kelompok masyarakat dan batasan wilayah tertentu.
Contoh:
Kasus pembunuhan terhadap Christoper Melky Tanujaya oleh Abdul Jalil hanya masalah spele yaitu hanya ingin mengambil Hpnya. Pelaku ingin memngambil Hpnya, tetapi Christoper menolak, sehingga ia ditusuk agar Hpnya bisa diambil. Pada akhirnya, pelaku takut ada yang melihat, sehingga ia melarikan diri.
Sumber:
http://www.detiknews.com/read/2012/01/14/130023/1815489/10/rekonstruksi-pembunuhan-christoper-digelar-di-dua-tempat
Komentar:
Menurut saya hal terjadi karena kurangnya pendidikan dari orang tua, kurangnya pemahaman pelaku terhadap nilai dan norma yang berlakukan didalam masyarakat, serta kurangnya rasa keimaman dan dapat pula disebabkan karena kondisi ekonomi. Akibat yang dapat ditimbulkan adalah kematian korban, bila tidak meninggal, korban akan mengalami trauma atau shock. Untuk pelaku, ia merasa tidak nyaman atas perbuatan ini dan keberhasilan melakukan suatu kejahataan akan menimbulkan tindakan kejahatan-kejahatan lain oleh para pelaku. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah penanam nilai dan norma harus ditanam sejak dini dimulai dari dalam keluarga, kelompok, dan masyarakat. Hukuman untuk bagi pelaku harus seberat-beratnya supaya pelaku merasa jera.

KE: Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar penegmbangan pola keteratauran dan dinamika kehidupan sosial.
Manusia mempunyai naluri untuk berinteraksi, berhubungan atau bergaul dengan sesamanya sejak dilahirkan. Interaksi ini merupakan hubungan timbal balik antarindividu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok.
Manusia dalam kelompok sering bersepakat untuk kerjasama melakukan pekerjaan bersama untuk memecahkan masalah dan menuntut kompromi atas keinginan pribadi demi kepentingan kelompok maupun untuk kepentingan pembagian kerja dalam kelompok.

Contoh:
Rasa simpati tinggi yang didorong rasa kemanusiaan membuat banyak di antara kita menyumbang untuk pengungsi Gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta. Berbagai macam bantuan pun mengalir ke posko penyaluran bantuan atau langsung ke masyarakat.
Sumber:
http://www.detiknews.com/read/2010/11/02/201349/1483234/10/ingin-menyumbang-bantuan-merapi-baca-ini-dulu
Komentar:
Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, terikat oleh nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Mereka mendengar ada bencana yang menimpa masayarakat sekitar Merapi dan nilai kemanusiaan mereka bangkit untuk membantu. Disini, mereka berinteraksi terhadap suatu masalah dengan cara memberikan bantuan baik dilakukan secara individul maupun kelompok. Misalnya mengirimkan sembako, bantuan tenaga kesehatan, dan lain-lain.

Tidak ada komentar: